Menu
Assalamualaikum Wr, Wb Selamat Datang di website Yayasan Insan
Giat Doa Bersama dan Santunan Dilaksanakan Rutin Setiap Pekan Jumat

Keutamaan Bulan Muharom

Oct
20
2020
by : Sariman. Posted in : Edukasi

Bulan Muharram ialah satu dari 4 bulan tabu ataupun bulan yang bersih di bagian Allah SWT. Karena beberapa keistimewaan yang tersembunyi pada bulan Muharram, pemeluk Islam direkomendasikan menggandakan ibadah.

Allah juga mencegah pemeluk Islam buat melakukan kehancuran, paling utama pada bulan ini karena Muharram merupakan bulan bersih begitu juga sabda dalam Alquran Pesan At- Taubah Bagian 36.

” Sebetulnya angka bulan pada bagian Allah merupakan 12 bulan, dalam ketetapan Allah di durasi Ia menghasilkan langit serta dunia, di antara lain 4 bulan tabu( bersih). Seperti itu( ketetapan) agama yang lurus, hingga janganlah kalian menyiksa diri kalian dalam bulan yang 4 itu,” alih bahasa QS At Taubah bagian 36.

Amati pula: Agenda Puasa Adat Bulan Muharram: Asyura serta Tasua

4 bulan bersih yang diartikan antara lain bulan Dzulqadah, Dzulhijjah, Muharram tercantum di antara lain serta, Rajab. Perihal ini pula cocok perkataan nabi sahih dari Bukhari.

” Durasi berkeliling begitu juga keadaannya awal kala Allah menghasilkan langit serta dunia. Tahun terdiri dari 12 bulan, 4 di antara lain merupakan bulan bersih, 3 berentetan ialah Dzulqadah, Dzulhijjah, serta Muharram, serta yang keempat merupakan Rajab,” Perkataan nabi Riwayat Bukhari: 4054, diambil dari Ensiklopedi Hadist.

Bulan- bulan itu dikenal bulan bersih sebab sejauh durasi itu pemeluk Islam diharamkan bertarung serta menewaskan. Pada bentang durasi itu pula, kekangan melakukan tabu lebih dipentingkan karena bulan- bulan itu tercantum bulan yang agung.

Sedangkan ibadah ketaatan dijanjikan akan berjawab balasan yang besar.

Salah satu ibadah yang penting pada bulan Muharram merupakan berpantang. Pemeluk Islam direkomendasikan menggandakan puasa di bulan ini.

Infografis Bertepatan pada Berarti serta Agenda Puasa Adat Bulan Muharram 1442 H

Infografis Bertepatan pada Berarti serta Agenda Puasa Adat Bulan Muharram 1442 H atau 2020

Di antara puasa adat yang bisa dicoba merupakan Tasua pada 9 Muharam serta Asyura pada 10 Muharram.

” Seutama- utama doa sehabis doa harus merupakan doa pada sepertiga akhir malam, serta seutama- utama puasa sehabis puasa Ramadan merupakan puasa di bulan Muharram,” Perkataan nabi Riwayat Mukmin: 1983.

Ibadah lain yang dapat dicoba dikala merambah tahun terkini di bulan Muharram di antara lain merupakan berlega hati atas nikmat yang diserahkan Allah, muhasabah ataupun mawas diri diri, serta mengenang ekspedisi memindahkan Rasul Muhammad.

Momen merambah Tahun Terkini Islam bisa pula dicoba dengan metode berharap pada Allah SWT. Berkah pula ialah wujud pengharapan pada Allah supaya memperoleh belas kasihan dan keistimewaan bulan Muharram.

Pada tahun ini, almanak Hijriah merambah tahun terkini Islam yang ke- 1442 diisyarati dengan masuknya bulan Muharram. Bertepatan pada 1 Muharram 1442 Hijriah bersamaan dengan Kamis, 20 Agustus 2020.

semoga infotersebut bermanfaat.

Facebook Comments

artikel lainnya Keutamaan Bulan Muharom

Sunday 29 March 2020 | Edukasi

Pencegahan Virus Corona ( Covid-19) bisa dilakukan dengan meningkatan kekebalan tubuh. Banyak orang tidak sadar pentingnya…

Saturday 22 August 2020 | Edukasi

Pendidikan memiliki peran untuk menciptakan karakter yang baik, manusia–manusia yang lebih beradab, orang bagaikan orang yang…

Clik DOWLOAD

Pengunjung



Web
Analytics


Jl. Bintara 14 Rt 05/09 No. 33 A Kel Bintara Kecamatan Bekasi Barat Kota Bekasi Kode Pos 17134
021-8945-2836
0838 9148 8889
insansiap@gmail.com Dan support@insan.or.id