Perbedaan Zakat Infaq dan Shodaqoh

Perbedaan Zakat Infaq dan Shodaqoh


Tahukah saudara apa perbedaan antara Zakat, Infaq, dan Shodaqoh? Ternyata amalan yang sering anda dengar dan lakukan ini memiliki makna yang berbeda satu sama lain. Berikut penjelasan mengenai perbedaan tersebut.

Perbedaan mendasar diantara ketiganya terletak pada sifat hukumnya, bahwa Zakat hukumnya Wajib Ain; Infaq hukumnya Fardhu Khifayah; dan Shodaqoh hukumnya Sunah. Sedangkan dari banyak hadis ternyata ada makna yang menjelaskan perbedaan hakekat dari istilah zakat, infak dan shodaqoh. Seperti zakat sudah ditentukan nisabnya sedangkan Infak dan shodaqoh tidak memiliki batas, dalam artian kita boleh memberi dengan jumlah yang tak terbatas. Zakat ditentukan siapa saja yang berhak menerimanya sedangkan Infak boleh diberikan kepada siapa saja bahkan kepada orang mampu sekalipun seperti kita tersenyum itu merupakan bagian dari shadaqah juga.

  • Zakat menurut bahasa artinya membersihkan diri atau menyucikan diri. Sedangkan menurut istilah syari’ah zakat artinya sebagian harta yang wajib diserahkan kepada orang-orang tertentu (fakir, miskin, mualaf, orang yang terlilit hutang, sabilillah, memerdekakan budak, orang dalam perjalanan, dan amil zakat) dalam waktu tertentu. Hukum zakat bersifat Wajib Ain, yaitu suatu kewajiban bagi setiap orang untuk melaksanakan perintah Allah SWT sesuai ketentuan syariat.
  • Infaq menurut bahasa berasal dari kata anfaqayang artinya mengeluarkan atau membelanjakan harta. Sedangkan menurut istilah syari’ah infaq artinya mengeluarkan sebagian dari harta atau penghasilan untuk suatu kepentingan yang diperintahkan Islam. Contoh infaq : menyantuni yatim piatu, fakir miskin, menyumbang untuk sarana operasional masjid, atau membantu orang yang terkena musibah / dalam kesulitan. Hukum infaq bersifat Wajib Kifayah, yaitu suatu kewajiban bagi sekelompok orang untuk melaksanakan perintah Allah SWT sesuai ketentuan syariat, namun bila sudah dilaksanakan oleh seseorang atau beberapa orang maka kewajiban ini bisa gugur.
  • Shodaqoh menurut bahasa berasal dari kata shidqoh (bahasa Arab) yang artinya benar. Menurut penafsiran para ulama, bahwa shodaqoh adalah perwujudan sekaligus cermin dari keimanan kaum muslimin. Sedangkan menurut istilah, shodaqoh artinya pemberian sukarela kepada orang lain (terutama kepada orang-orang miskin) yang tidak ditentukan jenis, jumlah maupun waktunya. Hukum sedekah bersifat sunah, yaitu suatu amalan yang apabila diamalkan atau dikerjakan akan mendapatkan pahala dan apabila tidak diamalkan atau ditinggalkan tidak akan mendapatkan dosa.

Dari penjelasan mengenai amalan Zakat, Infaq dan Shodaqoh maka kita sebagai umat muslim diperintahkan untuk selalu mengerjakan kebaikan kapan pun dan dimanapun berada, karena semua yang dilakukan secara baik ataupun buruk semuanya akan dicatat kelak diakhirat nanti. Maka hanya amalan yang baik yang akan menuntun langkah kita ke surga-Nya. Oleh karenya dari sekarang mulailah berbenah untuk selalu melakukan kebaikan termasuk berzakat, berinfaq dan bershodaqoh. Perbedaan Zakat Infaq dan Shodaqoh

Facebook Comments
Share on Whatsapp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Yayasan Insan Distribusikan 1000 Paket Daging Qurban 1442 H
Ibadah Qurban Yayasan Insan 1441 H
Berqurban untuk mensucikan diri dan harta serta tingkatkan ketaqwaan
Insan Berqurban Idul Adha 1439 H
Yayasan Insan Santuni Yatim Dhuafa Secara Virtual Bersama Ustadz Fatullah
Menjelang Ramadhan, Yayasan Indonesia Sejahtera Amanah (YA INSAN) mengadakan Santunan Akbar dengan tema “Sucikan Hati Tingkatkan Kepedulian Kepada Sesama”
Peringati hari gizi dan makanan Yayasan INSAN berikan Paket sembako uang saku dan Vitamin
Launching Pembangunan Istana Yatim Tangerang dan Santunan 200 yatim dhuafa
Momen Muharram santunan yatim piatu dan dhuafa
Cahaya Ramadhan Peduli Yatim Lomba Robotik
Santuni yatim piatu dhuafa Isra Miraj Nabi Muhammad menggapai pribadi yang bertaqwa
Insan Peduli Yatim Generasi Emas Sebagai Wujud Cinta Tanah Air Indonesia
ada yang bisa kami bantu

Admin OfficeKami bantu jangan ragu chat kami

Assalamualaikum, Kami ada untuk membantu anda, silhkan jika ingin konfirmasi dan Donasi 00.00
Scroll to Top