Menu
Assalamualaikum Wr, Wb Selamat Datang di website Yayasan Insan
Giat Doa Bersama dan Santunan Dilaksanakan Rutin Setiap Pekan Jumat

Berqurban untuk mensucikan diri dan harta serta tingkatkan ketaqwaan

Aug
21
2019
by : Sariman. Posted in : Qurban

 Manfaat Qurban Idul Adha mensucikan diri dan harta serta tingkatkan ketaqwaan

insan.or.id – Yayasan Insan Bekasi telah melaksanakan penyembelihan hewan qurban pada 11/08/2019 sejumlah, 1 Ekor sapi dan 20 Kambing. Adapun distribusi dan penyaluran telah dilaksanakan, penerima khususnya yatim piatu dan dhuafa juga warga sekitar lingkungan Yayasan umumnya.

Pelaksanaan Qurban dan pemotongan sejumlah hewan kurban merupakan program tahunan yang rutin dilaksanakan. Alhamdulillahirobbilalamin pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dan distribusi berjalan dengan baik. Atas nama yayasan insan, kami sangat berterimakasih atas partisipasinya donasinya, sudah mempercayakan pemotongan qurban di Yayasan Insan.

Dalam pelaksanaannya masih banyak kekurangan kekeliruan baik secara penamaan maupun dokumentasi, serta masih ada yang belum tertulis, untuk itu atas nama yayasan insan mohon maaf yang sebesar-besarnya. Hanya niat dan ketulusan yang mampu menyempurnakan, semoga Allah menerima amal ibadah Qurban bapak ibu.

Semoga apa yang telah dikorbankan menjadi amal kebaikan, Allah lipat gandakan rezekinya sehingga terus berbagi dan semoga di tahun berikutnya bisa laksanakan Qurban lebih baik.

Berikut Hukum dan Syarat Qurban

Sejauh ini kebanyakan para ulama, dan ahli fiqh atau fuqaha sepakat bahwa hukum dari ibadah qurban adalah sunnah muakad, atau sunah yang diutamakan. Namun berbeda dengan pendapat abu hanifah kalangan sahabat tabi’in yang menyatakan bahwa ibadah qurban adalah wajib.

Adapun Syarat dalam Qurban

Berikut beberapa syarat yang mesti di penuhi ketika laksanakan  ibadah kurban.

1. Orang yang melaksanakan qurban tentu harus menyediakan hewan qurban yang di dapat dengan cara baik dan halal dan tidak meminjam

2. Hewan qurban merupakan  binatang ternak seperti Sapi, Kambing, Domba, atau pun Onta.

3. Kondisi binatang qurban tidak boleh cacat, tidak pincang, tidak buta, tidak sakit di telinga, dan prinsipnya binatang qurban harus dalam kondisi sehat bugar.

4. Kondisi Binatang qurban juga harus memiliki umur cukup agar boleh dikorbankan. Mislkan  Onta minimal umur 5 tahun atau lebih. untuk sapi minimal sudah berumur 2 tahun atau lebih, sedangkan untuk kambing dan domba minimal berumur 1 tahun atau lebih

5. Bagi pelaksana orang yang berkurban, sebaiknya mereka yang berkecukupan dan merdeka, telah dewasa, dan berakal sehat atau dalam keadaan sadar dan tidak memiliki ganguan dan masalah kejiwaan.

Berkurban mempunyai makna yang dalam, agar untuk mengajarkan setiap umat serta rela mengorbankan apa yang  telah dimilikinya, hanya semata-mata mengarah pada bentuk ketauhidan kepada Allah. Tidak jauh berbeda seperti manfaat zakat dan ibadah yang lain, ibadah qurban memiliki pengaruh untuk kehidupan pribadi maupun untuk lingkungan sosial.

Berikut pengaruh qurban yang dilihat dari berbagai pendekatan.

Manfaat Qurban untuk diri sendiri

1. Menumbuhkan rasa empati dan peduli

Mengambil Hikmah dari berkurban yakni untuk melatih diri untuk memiliki sikap kepedulian sosial. Yang mungkin  selama ini memiliki harta yang lebih maka sudah semestinya menyisihkan sebagian untuk di korbankan dalam wujud binatang ternak untuk kemudian dagingnya dibagikan untuk banyak orang yang membutuhkan.

2. Melatih diri murhati dan dermawan

Ketika Seseorang ingin menjadi pribadi yang dermawan maka perlu dilatih hingga menjadi kebiasaan. Menjadi murahati dan dermawan dalam kebaikan sangat dianjurkan dan banyak manfaatnya. Untuk bisa menjadi dermawan perlu di latih terus-menerus dan tidak hanya sekali dua kali saja, harus terus dilakukan hingga menjadi kebiasaan. Jika kita sudah rutin bersedekah harta mungkin bisa di tingkatkan dengan berqurban di waktu hari raya idul adha.

3. Meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT

Berqurban merupakan perintah Allah SWT yang sudah jelas di cantumkan di Al-qur’an. Dalam manfaat ikuti agama islam, ibadah qurban akan menjaga bahkan meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah. Sehingga kita akan memiliki iman yang semakin kuat dan tidak mudah mengikuti hawa nafsu.

Manfaat Qurban untuk orang lain

1. Menjalin dan menjaga tali silaturahmi

Saat hari raya qurban adalah salah satu sarana untuk menjalin tali silaturahmi kepada orang lain. Tidak hanya kepada satu orang saja bahkan bisa sampai banyak orang. Menyukseskan kegiatan kurban dibutuhkan kebersamaan dan peranan banyak orang. Ini akan menjadi sarana pemersatu diantara umat islam. Tidak ada perbedaan di hari itu, kita bersama-sama berbagi kebahagian untuk sesama.

2. Mencukupi kebutuhan gizi kaum kecil

Dari tinjauan kesehatan, manfaat qurban bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi masyarakat indonesia. Mengingat kebutuhan gizi rakyat indonesia sangat tinggi dan tidak semua rakyat mampu merasakan manfaat daging. Oleh karena itu, saat hari raya qurban menjadi salah satu kesempatan bagi masyarakat dari kalangan bawah untuk memperbaiki asupan gizi, terutama yang berasal dari manfaat daging

Facebook Comments

artikel lainnya Berqurban untuk mensucikan diri dan harta serta tingkatkan ketaqwaan

Sunday 3 September 2017 | Qurban

Yayasan Insan- Penyebelihan Hewan qurban Bekasi 03-07-2017, Segala puja dan puji syukur kami ucapkan kepada Allah…

Tuesday 22 August 2017 | Qurban

Qurban  Bukti Cinta, Cinta Allah dan Sesama Idul Adha merupakan puncak dari ibadah haji. Hari raya…

Sunday 22 July 2018 | Hadist, Qurban, Sosial

Insan.or.id-   Makna Berqurban  dekatkan diri kepada Allah, peduli sesama Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan…

Thursday 23 August 2018 | Peduli yatim, Qurban

Insan Berqurban Idul Adha 1439 H Bekasi yayasan insan.or.id – Menerima dan menyalurkan hewan kurban.  …

Clik DOWLOAD

Pengunjung



Web
Analytics


Donasi

Jl. Bintara 14 Rt 05/09 No. 33 A Kel Bintara Kecamatan Bekasi Barat Kota Bekasi Kode Pos 17134
021-8945-2836

insansiap@gmail.com Dan support@insan.or.id