Insan Berqurban Idul Adha 1439 H

Insan Berqurban Idul Adha 1439 H
Bekasi yayasan insan.or.id – Menerima dan menyalurkan hewan kurban.

 

Dalam sejarah sebagaimana yang disampaikan dalam Al Qur’an terdapat dua peristiwa dilakukannya ritual kurban yakni oleh Habil (Abel) dan Qabil (Cain), putra Nabi Adam alaihis salam, serta pada saat Nabi Ibrahim akan mengorbankan Nabi Ismail atas perintah Allah.

Kisah Habil dan Qabil Dalam Al-Qur’an: “Ceritakanlah kepada mereka kisah kedua putera Adam (Habil dan Qabil) menurut yang sebenarnya, ketika keduanya mempersembahkan kurban, maka diterima dari salah seorang dari mereka berdua (Habil) dan tidak diterima dari yang lain (Qabil). Ia berkata (Qabil): “Aku pasti membunuhmu!”. Berkata Habil: “Sesungguhnya Allah hanya menerima (kurban) dari orang-orang yang bertakwa”. (Al Maidah: 27) wikipedia

Puji syukur kepada Allah, telah terlaksana pemotongan hewan qurban, pelaksanaan ditiga kantor yayasan insan yakni Bekasi, Tangerang, Cikampek. Pada 23/08/2018 tepat 11 Dzulhijah 1439 H, berjalan serempak.
Adapun jumlah hewan kurban, kambing di Bekasi 10, Tangerang 3, Cikampek 2, keseluruhan 15 Kambing . Untuk penditribusi daging secara keseluruhan ada 299 bungkus, dibagikan untuk Yatim Piatu Dhuafa serta masyarakat dilingkungan yayasan insan.

Secara distribusi kami salurkan kepada yatim piatu dhuafa binaan yayasan dan lingkungan, serta di pemukiman pemulung.


Terlaksananya pemotongan hewan qurban, berkat dukungan seluruh donasi para donatur, yang telah menitipkan berupa Dana dan memberikan secara fisik.


Kami selaku pengurus dan panitia qurban, mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dan Donasi bapak/ ibu, senantiasa mendoakan semoga apa yang telah didonasikan menjadi wasilah keberkahan, serta kurban yang telah ditunaikan menjadi kendaran menuju syurga.

Amanah telah diterima, senantiasa kami tunaikan sebaik-baiknya, terimaksih atas kepercayaan bapak ibu. Semoga pada tahun berikutnya pelaksanaan kurban lebih meningkat.

Dalil tentang berkurban Ayat dalam Al Qur’an tentang ritual kurban antara lain : surat Al Kautsar ayat 2: Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu; dan berkurbanlah (anhar)
hadits yang berkaitan dengan kurban antara lain:
“Siapa yang mendapati dirinya dalam keadaan lapang, lalu ia tidak berkurban, maka janganlah ia mendekati tempat salat Ied kami.” HR. Ahmad dan ibn Majah.

Hadits Zaid ibn Arqam, ia berkata atau mereka berkata: “Wahai Rasulullah SAW, apakah kurban itu?” Rasulullah menjawab: “Kurban adalah sunahnya bapak kalian, Nabi Ibrahim.” Mereka menjawab: “Apa keutamaan yang kami akan peroleh dengan kurban itu?” Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai rambutnya adalah satu kebaikan.” Mereka menjawab: “Kalau bulu-bulunya?” Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai bulunya juga satu kebaikan.” HR. Ahmad dan ibn Majah
“Jika masuk tanggal 10 Dzul Hijjah dan ada salah seorang di antara kalian yang ingin berkurban, maka hendaklah ia tidak cukur atau memotong kukunya.” HR. Muslim
“Kami berkurban bersama Nabi SAW di Hudaibiyah, satu unta untuk tujuh orang, satu sapi untuk tujuh orang. “ HR. Muslim, Abu Daud, Tirmidzi.

Facebook Comments
Share on Whatsapp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ibadah Qurban Yayasan Insan 1441 H
Berqurban untuk mensucikan diri dan harta serta tingkatkan ketaqwaan
Insan Berqurban Idul Adha 1439 H
Berqurban dekatkan diri kepada Allah peduli sesama
Launching Pembangunan Istana Yatim Tangerang dan Santunan 200 yatim dhuafa
PSBB Peduli Sesama Bantu Bersama
Distribusi Paket Lebaran Yatim Piatu dan Dhuafa
Yayasan Insan Peduli dampak Covid-19 Yatim Piatu Dhuafa
Momen Muharram santunan yatim piatu dan dhuafa
Cahaya Ramadhan Peduli Yatim Lomba Robotik
Santuni yatim piatu dhuafa Isra Miraj Nabi Muhammad menggapai pribadi yang bertaqwa
Insan Peduli Yatim Generasi Emas Sebagai Wujud Cinta Tanah Air Indonesia
ada yang bisa kami bantu

Admin OfficeKami bantu jangan ragu chat kami

Assalamualaikum, Kami ada untuk membantu anda, silhkan jika ingin konfirmasi dan Donasi 00.00
Scroll to Top