fields, hill, sunset

Manfaat dan Keutamaan Puasa bulan Syawal

Keutamaan Puasa bulan Syawal

Sahabat Insan, Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT dan sehat paripurna selalu Amiin Ya Robbal Alamin.
Alhamdulillah, bersyukur kita masih diberikan kenikmatan yang cukup banyak oleh Allah SWT selepas menunaikan kewajiban kita sebagai umat Islam yaitu “Puasa Ramadhan” selama 1 bulan penuh, salah satu nikmat yang kita rasakan sampai hari ini adalah, nikmat Iman, Islam dan Sehat paripurna. Oleh karena itu semua yang kita rasakan pada saat ini tidak terlepas dari perjuangan para syuhada dan para nabi termasuk nabi terakhir yaitu nabi “Muhammad SAW” yang telah membawa zaman kegelapan hingga terang menderang.
Dalam menjalani suatu aktivitas yang telah dianjurkan oleh setiap agama, termasuk Islam yaitu puasa baik yang wajib atau sunnah, memiliki dampak positif secara individual dan meningkatkan spiritual jasmani dan rohani sehingga ketika seseorang berpuasa dapat merasakan rasa lapar yang dirasakan oleh sodaranya yang sulit dalam memenuhi kebutuhannya. Tak terasa bulan Ramadhan yang penuh keberkahan dan ampunan telah kita lewati dengan banyaknya rutinitas yang telah kita jalani, baik runititas yang bersifat materiil dan non materiil, dimana keberkahan itu kita rasakan selama menjalani puasa Ramadhan. Semoga segala bentuk amal ibadah kita senantiasa diterima oleh Allah SWT baik yang wajib ataupun Sunnah.
Tentu selepas Ramadhan kita sebagai umat Islam harus terus meningkatkan kualias ibadah kita sebagai kaum muslim. Untuk melanjutkan puasa syawal selama 6 hari. Tentu ini merupakan tantangan bagi kaum muslim dalam menjalaninya, karena banyak sekali godaan yang tidak secara langsung membuat diri kita malas untuk mengerjakannya, baik dari faktor lingkungan dan kerabat terdekat kita. Oleh karena itu ketika kita mau menjalani dan mengerjakan puasa Syawal setidaknya seseorang harus mempunyai niat dan tujuan yang jelas serta prinsip kuat yang tertanam dalam hati.
• Adapun niat Puasa Syawal :
نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ الشَّوَّالِ لِلهِ تَعَالَى
Nawaitu shauma hâdzal yaumi ‘an adâ’i sunnatis Syawwâli lillâhi ta‘âlâ.

Artinya :
“Aku berniat puasa sunah Syawal hari ini karena Allah SWT.”

Setelah kita berniat melakukan puasa Syawal, ternyata banyak manfaat dan keutamaan yang kita rasakan setelah menunaikan puasa tersebut.
• Manfaat Puasa Syawal, antara lain :

1. Menyempurnakan ganjaran berpuasa setahun penuh
2. Puasa Syawal sama halnya dengan sholat rawatib qobliyah dan ba’diyah. Amalan ini sebagai menyempurnakan kekurangan dan cacat yang ada dalam menjalankan amalan wajibnya.
3. Mendapatkan pahala pada hari raya Idul Fitri dan puasa setelah Idul Fitri merupakan bentuk rasa syukur kita terhadap nikmat ini.

• Keuatamaan Puasa Syawal, antara lain :

1. Mendekatkan diri kepada Allah
Selain itu, bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah dibandingkan dengan minyak kasturi. Keutamaan puasa syawal ini ditegaskan dalam salah satu hadis Qudsi berikut:
“Setiap amal manusia adalah untuk dirinya kecuali puasa, ia (puasa) adalah untuk-Ku dan Aku memberi ganjaran dengan (amalan puasa itu).” Kemudian, Rasulullah melanjutkan, “Demi Allah yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah dibandingkan wangi minyak kasturi.” (HR. Muslim).
2. Mencegah gangguan pencernaan

Sepertinya sudah menjadi tradisi yang melekat pada masyarakat Indonesia selesai menunaikan sholat Idul Fitri, memakan makanan dalam porsi berat, contohnya ketupat sayur, kue lebaran, minuman dingin, dst. Dengan adanya puasa syawal ini seorang muslim dapat menekan porsi makannya supaya agar teratur dan sesuai dengan kebutuhan dalam tubuhnya sehingga dapat mencegah gangguan pencernaan yang dapat menimbulkan rasa sakit dalam tubuh.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Tak cuma baik untuk sistem pencernaan, keutamaan puasa syawal adalah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saat seseorang menahan rasa lapar selama puasa, akan memicu sel-sel induk dalam tubuh memproduksi sel darah putih baru yang dapat menghindarkan dari infeksi.
Menurut sebuah penelitian dari University Southern California, puasa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena penciptaan sel darah putih baru tersebut dapat meregenerasi seluruh sistem kekebalan tubuh. Sehingga keutamaan puasa syawal ini berperan penting dalam melindungi tubuh dari berbagai ancaman virus dan bakteri.
Sekian dari kami, kami ucapkan terimakasih kepada para dermawan yang senantiasa memberikan Sebagian rejekinya di setiap kegiatan Yayasan Indonesia Sejahtera Amanah ( Ya Insan), dan kepada pembaca yang telah meluangkan waktunya. Semoga artikel yang ditulis ini dapat memberikan dampak yang baik dan positif, bermanfaat serta menambah wawasan kita terhadap ajaran sunnah nabi Muhammad SAW. Dan semoga para dermawan yang telah menyisihkan rejekinya diganti dengan berlipat-lipat ganda, berlimpah ruah rejekinya. Amiin ya Robbal Alamin.

Facebook Comments
Share on Whatsapp
Yayasan Insan Distribusikan 1000 Paket Daging Qurban 1442 H
Ibadah Qurban Yayasan Insan 1441 H
Berqurban untuk mensucikan diri dan harta serta tingkatkan ketaqwaan
Insan Berqurban Idul Adha 1439 H
Yayasan Insan Santuni Yatim Dhuafa Secara Virtual Bersama Ustadz Fatullah
Menjelang Ramadhan, Yayasan Indonesia Sejahtera Amanah (YA INSAN) mengadakan Santunan Akbar dengan tema “Sucikan Hati Tingkatkan Kepedulian Kepada Sesama”
Peringati hari gizi dan makanan Yayasan INSAN berikan Paket sembako uang saku dan Vitamin
Launching Pembangunan Istana Yatim Tangerang dan Santunan 200 yatim dhuafa
Momen Muharram santunan yatim piatu dan dhuafa
Cahaya Ramadhan Peduli Yatim Lomba Robotik
Santuni yatim piatu dhuafa Isra Miraj Nabi Muhammad menggapai pribadi yang bertaqwa
Insan Peduli Yatim Generasi Emas Sebagai Wujud Cinta Tanah Air Indonesia
ada yang bisa kami bantu

Admin OfficeKami bantu jangan ragu chat kami

Assalamualaikum, Kami ada untuk membantu anda, silhkan jika ingin konfirmasi dan Donasi 00.00
Scroll to Top