Nikmatnya Bersedekah di Bulan Ramadhan

Hadirnya bulan ramadhan di tengah-tengah kita menjadi sebuah nikmat tersendiri dan sebagai penghibur hati karena dapat kita ketahui pada bulan ini setiap pahala akan dilipatgandakan. Tahukah sahabat dermawan, bahwa kita bisa menambah pahala puasa kita dengan pahala puasa orang lain. Hal ini bisa dilakukan dengan sedekah, yaitu memberi hidangan berbuka puasa untuk orang lain yang sedang berpuasa. Sebagaimana Nabi SAW bersabda “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun”. (HR. Tirmidzi)

Amalan sedekah ini menunjukkan keutamaan berbagi kepada orang yang berpuasa di bulan ramadhan. karena pada bulan ramadhan orang-orang yang kekurangan ditimpa rasa lapar dan dahaga tapi hanya memiliki sedikit harta sehingga ketika kita menyedekahkan harta kita untuk mereka maka in syaa allah pahala kita akan berlipat ganda.  Karena sejatinya bulan puasa adalah agar kita bisa merasakan bagaimana orang yang kekurangan menhadapi rasa lapar dan dahaga.

Tak hanya itu, sedekah memiliki beberapa keutamaan diantaranya :

  1. Pahala akan dilipatgandakan, sebagaimana dalam firman Allah “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan allah Mahaluas, Maha Mengetahui.” (QS. Al- Baqarah : 261)
  2. Sedekah dapat menghapus dosa, sebagaimana dalam hadits “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.” (HR. Tirmidzi)
  3. Sedekah dapat menghindarkan diri dari api neraka, sebagaimana sabda Nabi SAW “Maukah engkau aku tunjukkan pintu-pintu kebaikan? puasa adalah perisai, sedekah memadamkan kesalahan sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi)
  4. Mendapat keringanan di akhirat, sebagaimana dalam hadits “Barangsiapa yang meringankan (menghilangkan) kesulitan seorang muslim kesulitan-kesulitan duniawi, maka Allah akan meringankan (menghilangkan) baginya kesulitan di akhirat kelak. Barangsiapa yang memberikan kemudahan bagi orang yang mengalami kesulitan di dunia, maka Allah akan memudahkan baginya kemudahan (urusan) di dunia dan akhirat.” (HR. Tirmidzi)

Betapa Allah ta’ala sangat pemurah kepada hamba-Nya. Membuka ladang pahala yang begitu luas sehingga kita bisa menuainya dibulan yan penuh Barokah ini.

Sahabat Dermawan, nuansa ramadhan tidak hanya sebatas berpuasa saja, namun bisa juga kita pergunakan sebaik-baiknya menabung pahala dan berbagi dengan sesama. Mari kita tuai keberkahan bulan ramadhan dengan berbagi Paket Iftar (Paket Hidangan Berbuka Puasa) melalui Rekening :

🏛 BRI : 0139-0101-8969-530

🏛 BSI : 139-0189-990

🏛 Mandiri : 1670002901675

🏛 BCA : 066 327 1749

🏛 BJB : 0117399273100

#Sedekah Paket Iftar Ramadhan

Yuk bantu sebarkan pesan kebaikan ini, semoga menjadi amal jariyah yang akan terus mengalir pahalanya… Aamiin.

Facebook Comments
Share on Whatsapp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Yayasan Insan Distribusikan 1000 Paket Daging Qurban 1442 H
Ibadah Qurban Yayasan Insan 1441 H
Berqurban untuk mensucikan diri dan harta serta tingkatkan ketaqwaan
Insan Berqurban Idul Adha 1439 H
Yayasan Insan Santuni Yatim Piyatu dhuafa bersama duta besar republik Azerbaijan
Yayasan Insan Santuni Yatim Dhuafa Secara Virtual Bersama Ustadz Fatullah
Menjelang Ramadhan, Yayasan Indonesia Sejahtera Amanah (YA INSAN) mengadakan Santunan Akbar dengan tema “Sucikan Hati Tingkatkan Kepedulian Kepada Sesama”
Peringati hari gizi dan makanan Yayasan INSAN berikan Paket sembako uang saku dan Vitamin
Momen Muharram santunan yatim piatu dan dhuafa
Cahaya Ramadhan Peduli Yatim Lomba Robotik
Santuni yatim piatu dhuafa Isra Miraj Nabi Muhammad menggapai pribadi yang bertaqwa
Insan Peduli Yatim Generasi Emas Sebagai Wujud Cinta Tanah Air Indonesia
ada yang bisa kami bantu

Admin OfficeKami bantu jangan ragu chat kami

Assalamualaikum, Kami ada untuk membantu anda, silhkan jika ingin konfirmasi dan Donasi 00.00
Scroll to Top