Menjelang Ramadhan, Yayasan Indonesia Sejahtera Amanah (YA INSAN) mengadakan Santunan Akbar dengan tema “Sucikan Hati Tingkatkan Kepedulian Kepada Sesama”

Minggu, 04 April 2021, Sebelum memasuki bulan yang penuh dengan ampunan atau yang disebut dengan bulan Ramadhan, Yayasan Indonesia Sejahtera Amanah (YA INSAN) kembali menggelar kegiatan rutin bulanan yaitu Santunan Akbar dengan memberikan santunan kepada 201 Yatim-Piatu-Dhuafa berupa bingkisan yang berisi; sirup, gula, susu, biskuit, dan teh. Kegiatan ini dilaksanakan di seluruh cabang (YA INSAN) di JABODETABEK, diantaranya, Kantor Pusat (YA INSAN) Jl.Bintara 14, Kota Bekasi; Cabang Tangerang, Ruko Sukatani, Tangerang, Banten; Cabang Cikampek, Perum Griya Panorama Blok B3 No. 27, Karawang, Jawa Barat; dan Cabang Bogor, Jln. Rawa Singa, Kelapa Nunggal, Bogor.

Adapun agenda dan isi acara sebagai berikut : Pada Pukul 09.00 WIB, Bapak Firman Teba selaku Master Of Ceremony (MC), memulakan acara dengan berbasmallah Bersama. Pada Pukul 10.00 WIB, Sambutan ketua Pembina YA INSAN, Bapak Miyono S.Pdi. Pukul 11.00 WIB, sambutan ketua umum YA INSAN Bapak Jumad Hernawan, dan dilanjut dengan tausiyah dari tokoh masyarakat, Ustad Nasrullah atau yang biasa dikenal dengan “Ustadz Petir”. Setelah tausiyah dari Ustadz Nasrullah, tiba lah di penghujung acara santunan akbar, pembagian santunan, dan do’a bersama serta sesi foto.

Dalam sambutan dari ketua Pembina YA INSAN, beliau memulainya dengan pertanyaan seputar puasa kepada adik-adik binaan YA INSAN, “Karena sebentar lagi kita akan memasuki Bulan Ramadhan, siapa yang tahu artinya, puasa?”, ada yang menjawab, “Menahan lapar dan haus pak,” lalu Bapak Miyono memberikan penjelasan yang lebih jelas, yaitu “Betul, puasa menahan haus dan lapar, tetapi tidak hanya itu puasa pun menahan hawa nafsu”.

Pesan dari Ketua Pembina YA INSAN untuk genarasi adik yatim-piatu, “Masa depan bangsa Indonesia ada di pundak kalian masing-masing. Maksudnya, masa depan bangsa Indonesia ada di tangan generasi muda saat ini. Maka oleh sebab itu, kalian harus rajin belajar, karena Indonesia itu 70 % perairan, maka yang mana yang lebih luas daratan atau perairan, tentu perairan. Sebagian besar wilayah Indonesea adalah lautan” lalu pak Miyono memberikan pertanyaan kepada adik yatim-piatu, “apa yang menyebabkan seseorang menjadi pintar dan cerdas.?” lalu langsung dijawab oleh pak Miyono dengan, “mengonsumsi ikan tuna”. Jadi, adik-adik harus tau, bahwa kekeyaan Indonesia sangat berlimpah, harus belajar dengan pintar cerdas, sehat dan manusiawi,”. Pak Miyono juga menyebutkan, salah satu cita-cita yang mulia adalah menjadi seorang nakhoda karena dapat mengelilingi dunia melalui lautan Allah SWT yang sangat luas.

Di kesempatan yang sama, Ketua umum YA INSAN, Bapak Jumad Hernawan, menyampaikan tentang pembangunan Istana Yatim, “Alhamdulillah, kami diberikan amanah oleh Allah SWT tanah seluas 200 m2 dan sudah melakukan peletakan batu pertama di cabang Tangerang, sedang proses pembangunan Istana Yatim Indonesia. Semoga diberikan kemudahan dan kelancaran dalam mendirikan Istana Yatim tersebut.” Pesan lain yang beliau sampaikan kepada seluruh tamu undangan yang hadir adalah mengenai berpuasa. Beliau memberikan pemahaman kepada adik-adik Yatim-Piatu bahwa berpuasa tidak hanya merupakan ibadah, namun juga bentuk menumbuhkan jiwa sosial dalam diri anak-anak sejak mereka kecil, “Anak-anak tidak diwajibkan melaksanakan ibadah puasa, namun harus dilatih sejak dini. Tentu dengan puasa Ramadhan ini kita bisa refleksikan ibadah puasa sehari-hari, karena itu akan memupuk dan menumbuhkan jiwa sosial kita”

Selanjutnya, di dalam acara inti yang merupakan tausiyah, Ustadz Nasrullah menyampaikan, bahwa manusia adalah makhluk yang sempurna karena diberikan akal dan hawa nafsu. Berbeda dengan makhluk lainnya seperti malaikat yang hanya Allah berikan akal agar hanya taat kepada Allah SWT ataupun binatang yang Allah ciptakan hanya memiliki hawa nafsu. Beliau melanjutkan, manusia adalah makhluk yang diciptakan dengan sangat kompleks dan sempurna karena  diberikan akal dan hawa nafsu. Oleh karenanya, hendaknya kita dapat mengatur akal dan juga hawa nafsu ini agar kita menjadi manusia yang selamat. Jauhkan diri dari sifat namimah, sombong, iri, dan dengki karena ini adalah sifat tercela yang dapat merusak diri.

Ustadz Nasrullah juga berpesan untuk adik-adik yatim-piatu, “Cintai Rosulullah SAW sejak dini. Dengan bersholawat dan mulai belajar melaksanakan sunnah yang dilakukan Rasulullah SAW., serta mendo’akan orang tua kita, baik yang masih hidup ataupun yang sudah meninggal karena dengan mendo’akan orang tua kita keberkahan akan kita raih,  karena salah satu amalan yang tidak akan pernah terputus (amal jariyah) adalah anak sholeh-sholehah yang mendoakan orang tuanya”

Setelah seluruh rangkain acara usai, acarapun ditutup dengan santunan dan membagikan goodybag atau bingkisan kebutuhan di Bulan Ramadhan kepada 201 adik-adik Yatim-Piatu, Alhamdulillah, dari semua cabang YA INSAN, adik-adik yatim piatu bisa tetap hadir dengan menjaga jarak dan memakai masker untuk mematuhi protokol kesehatan.  Sebelum memasuki area kantor YA INSAN, mereka pun diwajibkan mencuci tangan terlebih dahulu di wastafel yang ada di depan kantor YA INSAN. Tak lupa rasa syukur serta terima kasih, kami ucapkan kepada  para pecinta Yatim-Piatu serta para donator yang telah menyisihkan rejekinya untuk mendukung acara santunan akbar ini. Semoga menjadi pahala yang tak pernah putus untuk bapak/ibu di dunia dan akhirat.

Amiin Ya Robbal Alamin.

Facebook Comments
Share on Whatsapp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Yayasan Insan Distribusikan 1000 Paket Daging Qurban 1442 H
Ibadah Qurban Yayasan Insan 1441 H
Berqurban untuk mensucikan diri dan harta serta tingkatkan ketaqwaan
Insan Berqurban Idul Adha 1439 H
Yayasan Insan Santuni Yatim Dhuafa Secara Virtual Bersama Ustadz Fatullah
Menjelang Ramadhan, Yayasan Indonesia Sejahtera Amanah (YA INSAN) mengadakan Santunan Akbar dengan tema “Sucikan Hati Tingkatkan Kepedulian Kepada Sesama”
Peringati hari gizi dan makanan Yayasan INSAN berikan Paket sembako uang saku dan Vitamin
Launching Pembangunan Istana Yatim Tangerang dan Santunan 200 yatim dhuafa
Momen Muharram santunan yatim piatu dan dhuafa
Cahaya Ramadhan Peduli Yatim Lomba Robotik
Santuni yatim piatu dhuafa Isra Miraj Nabi Muhammad menggapai pribadi yang bertaqwa
Insan Peduli Yatim Generasi Emas Sebagai Wujud Cinta Tanah Air Indonesia
ada yang bisa kami bantu

Admin OfficeKami bantu jangan ragu chat kami

Assalamualaikum, Kami ada untuk membantu anda, silhkan jika ingin konfirmasi dan Donasi 00.00
Scroll to Top