Pengertian dan Hukum Pelaksanaan Zakat

Bersihkan harta dengan berzakat

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Untuk Kita Semua dan Selamat Berlibur diakhir Pekan Dimanapun anda Berada. Semoga kita selalu dalan lindungan Allah SWT dan Selalu dalam Keadaan Sehat Paripurna Amiin.

Hallo sahabat insan, dimanapun kalian Berada tetap jaga kesehatan dan Patuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah ya, Alhamdulillah Tak terasa waktu terus berjalan di awal tahun 2021 ini dan mulai memasuki pertengahan tahun, kurang lebih 16 hari lagi kita akan menyambut bulan yang penuh kesucian dan ampunan yaitu bulan Ramadhan dimana keberkahan itu turun dan kita rasakan selaku manusia yang bertaqwa kepada Allah SWT, Semoga kita dapat meningkatkan kualitas Keimanan kita dalam menyambut bulan Ramadhan baik sebelum ataupun sesudah dan Selalu dalam Lindungan Allah SWT amiin.

Ketika datang bulan Ramadhan kita berlomba-lomba dalam menunaikan kebaikan dan meningkatkan kualitas ibadah, iman dan taqwa kita kepada sang Ilahi. Namun perlu dipahami bahwa konteks ibadah itu tidak hanya kita berdiam diri di dalam masjid tetapi segala aktivitas yang kita lakukan baik jasmani ataupun rohani itu bisa masuk kedalam kategori ibadah, apabila kita niatkan untuk semata-mata mencapai ridho Allah SWT dan meraih keberkahan dalam hidup sehingga kita bisa merasakan kebahagian dari keberkahan tersebut.

Sebagai Umat Muslim yang beriman kepada Allah SWT dan Kita diberikan kemudahan dalam beragama Islam sehingga segala aspek kehidupan kita diatur oleh agama islam dan merujuk kepada Al-Quran dan Sunnah Rasullah SAW. Salah Satu kemudahan yang kita rasakan adalah berzakat, karena dengan berzakat kita bisa meringankan dan membantu kebutuhan mereka.

Zakat adalah bagian tertentu dari harta yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim apabila telah mencapai syarat yang ditetapkan. Sebagai salah satu rukun Islam, Zakat ditunaikan untuk diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya (asnaf).

Zakat berasal dari bentuk kata “zaka” yang berarti suci, baik, berkah, tumbuh, dan berkembang. Dinamakan zakat, karena di dalamnya terkandung harapan untuk memperoleh berkah, membersihkan jiwa dan memupuknya dengan berbagai kebaikan (Fikih Sunnah, Sayyid Sabiq: 5)

Secara garis besar arti zakat adalah Seseorang yang memiliki pertumbuhan dan perkembangan harta secara individu ataupun dalam satu keluarga oleh karena itu mengeluarkan zakat bisa ditandai seperti ini. Sedangkan makna suci zakat sendiri memiliki hikmah yang cukup mendalam yaitu mensucikan jiwa dan harta dari keburukan, kebatilan dari dosa-dosa yang pernah kita lakukan.

Selain dari definisi zakat, zakat pun mempunyai landasan hukum :

QS At-Taubah Ayat, 9 : 60 :

اِنَّمَا الصَّدَقٰتُ لِلْفُقَرَاۤءِ وَالْمَسٰكِيْنِ وَالْعَامِلِيْنَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوْبُهُمْ وَفِى الرِّقَابِ وَالْغَارِمِيْنَ وَفِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَابْنِ السَّبِيْلِۗ فَرِيْضَةً مِّنَ اللّٰهِ ۗوَللّٰهُ

عَلِيْمٌ حَكِيْمٌ

Artinya :

Sesungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang miskin, amil zakat, yang dilunakkan hatinya (mualaf), untuk (memerdekakan) hamba sahaya, untuk (membebaskan) orang yang berutang, untuk jalan Allah dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai kewajiban dari Allah. Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana.

Jenis Zakat, ada beberapa jenis yang harus kita ketahui :

  1. Zakat Fitrah adalah wajib hukumnya bagi setiap muslim menjelang Idul Fitri pada bulan suci Ramadhan, masing-masing individu setara dengan 2.5 Kg atau 3.5 Kg beras atau makanan. jika tidak ingin membayar bahan pokok maka bisa di uangkan senilai dengan harga pokok tersebut.
  2. Zakat Mall adalah Seseorang yang telah mendapatkan atau memperoleh harta dengan cara, perniagaan, pertanian, pertambangan, hasil laut, hasil ternak, emas dan perak.

Lalu Apa Hubungannya zakat dengan kebahagian dan kesejahteraan ?

Ketika seseorang sudah menunaikan zakat dengan sesuai ketetapannya baik yang berumah tangga ataupun belum, dengan harta yang diperolehnya, secara tidak sadar mereka yang berzakat akan diberikan pahala yang banyak bisa berupa dengan kebahagian dan keberkahan, karena zakat sendiri memiliki manfaat dan tujuan yang baik, Membantu, mengurangi dan mengangkat kaum fakir miskin dari kesulitan hidup dan penderitaan mereka, menghindarkan penumpukan kekayaan perseorangan yang dikumpulkan di atas penderitaan orang lain, Membina dan merentangkan tali solidaritas/persaudaraan sesama umat manusia.

Nah diera digitalisasi ini masyarakat mendapatkan kemudahan secara efektif baik dari segi ruang lingkup ekonomi atau pun aktivitas yang rutinitas. Salah satunya yang dilakukan oleh lembaga sosial yang bernama YAYASAN INDONESIA SEJAHTERA AMANAH yang terletak diberbagai lokasi Jabodetabek, Tangerang, Bogor dan Cikampek, Kantor Pusat nya sendiri terletak di Bekasi.

Kini, masyarakat tidah perlu repot datang untuk menunaikan zakat, baik zakat mall ataupun zakat fitrah YAYASAN INDONESIA SEJAHTERA AMANAH memberikan fasilitas dan kemudahan dengan memanfaatkan digitalisasi melalui website yang tertera ataupun bisa melalui no rekening YAYASAN INDONESIA SEJAHTERA AMANAH.

Sekian dari kami, semoga kita selalu dalam keadaan sehat paripurna berkah usia dan rejeki serta dimudahkan apa yang menjadi urusan kita Amiin Ya Allah

Facebook Comments
Share on Whatsapp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ibadah Qurban Yayasan Insan 1441 H
Berqurban untuk mensucikan diri dan harta serta tingkatkan ketaqwaan
Insan Berqurban Idul Adha 1439 H
Berqurban dekatkan diri kepada Allah peduli sesama
Menjelang Ramadhan, Yayasan Indonesia Sejahtera Amanah (YA INSAN) mengadakan Santunan Akbar dengan tema “Sucikan Hati Tingkatkan Kepedulian Kepada Sesama”
Peringati hari gizi dan makanan Yayasan INSAN berikan Paket sembako uang saku dan Vitamin
Launching Pembangunan Istana Yatim Tangerang dan Santunan 200 yatim dhuafa
PSBB Peduli Sesama Bantu Bersama
Momen Muharram santunan yatim piatu dan dhuafa
Cahaya Ramadhan Peduli Yatim Lomba Robotik
Santuni yatim piatu dhuafa Isra Miraj Nabi Muhammad menggapai pribadi yang bertaqwa
Insan Peduli Yatim Generasi Emas Sebagai Wujud Cinta Tanah Air Indonesia
ada yang bisa kami bantu

Admin OfficeKami bantu jangan ragu chat kami

Assalamualaikum, Kami ada untuk membantu anda, silhkan jika ingin konfirmasi dan Donasi 00.00
Scroll to Top