Sedekah Sebagai Penutup Amalan Akhir Tahun

Mengapa harus sedekah di akhir tahun? Karena biasanya di akhir tahun banyak orang yang mendapatkan insentif lebih yang berupa gaji, bonus, serta tunjangan lainnya. Oleh karenanya pada saat menjelang pergantian tahun, biasanya diisi dengan perayaan yang menghabiskan banyak biaya. Alangkah baiknya jika pergantian tahun diisi dengan amalan  terbaik, dapat berupa berdoa, bermuhasabah, mengingat kematian dan bersedekah. Apalagi bersedekah saat pergantian tahun dapat dijadikan penutup amalan sekaligus pembuka pada tahun selanjutnya.

Moment akhir tahun sangat cocok untuk bersedekah, karena sedekah sebagai bentuk rasa syukur atas kenikmatan dan keberkahan serta pencapaian yang diraih dipenghujung tahun ini. Dengan bersedekah juga semoga mengiringi keselamatan dalam langkah yang akan dilalui pada tahun berikutnya. Melalui sedekah semoga Allah SWT memberi taufik dan petunjuk, serta menjadikan kita sebagai sosok yang senantiasa beramal shalih terutama sedekah hingga akhir hayat, karena setiap amalan yang kita lakukan nilainya sangat bergantung pada amalan penutupnya.

Dipenghujung tahun ini mari kita tutup dengan sedekah, karena terdapat banyak manfaat untuk orang yang bersedekah diantaranya :

  1. Allah akan mengganti harta yang dikeluarkan untuk bersedekah

Jangan pernah takut harta yang kita miliki akan berkurang dengan bersedekah, karena Allah SWT menjanikan balasan yang berlipat ganda bagi orang yang bersedekah. Sebagaimana firman Allah SWT  dalam Q.S Saba ayat 39  “Katakanlah, ‘Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya’. Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang terbaik”.

  1. Sedekah dapat membuka pintu rezeki

Berbagi adalah salah satu cara membuka pintu rezeki. Dengan semakin banyak kita berbagi atau bersedekah, maka akan meringankan beban saudara kita yang membutuhkan dan akan mendatangkan pahala serta kebaikan untuk diri kita sendiri. Rasulullah SAW bersabda didalam hadits riwayat Baihaqi, “Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah” (HR Al-Baihaqi). Diriwayatkan pula dalam hadits riwayat Muslim, “Hai anak Adam, infaklah (nafkahkanlah hartamu), niscaya Aku memberikan nafkah kepadamu“ (HR Muslim).

  1. Sedekah akan melipatgandakan rezeki

Dengan banyak bersedekah, Allah SWT akan melipatgandakan harta kita dari arah mana saja, yang tidak pernah disangka-sangka. Sebagaimana firman Allah SWT  dalam Q.S Al-Baqarah ayat 261 “Perumpamaan nafkah yang dikeluarkan oleh orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir, seratus biji Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui” (Q.S Al-Baqarah 2:261)

  1. Bencana tak dapat melewati sedekah

“Bersegeralah kalian untuk mengeluarkan sedekah, karena sungguh bencana tak dapat melewati sedekah” (HR Thabrani). Sedekah tak hanya menghindari bencana, tapi bencana tidak akan melewati jika ada orang-orang yang bersedekah. Kita tidak bisa memastikan sedekah yang mana dan sedekah apa saja yang bisa menghindarinya. Namun, dengan sedekah tersebut bisa kita lakukan agar bencana tak sedikitpun melewati kita.

Namun terkadang, ujian bencana tetap akan datang kepada kita bukan karena Allah tidak sayang dan tidak menilai sedekah kita. Namun, ini adalah bentuk ujian apakah kita akan tetap bersedekah seperti biasanya, walaupun bencana dan kesulitan sedang kita hadapi.

  1. Sedekah menolak bencana di akhirat

Sedekah tak hanya menolak bencana di dunia, sedekah juga dapat menolak bencana kelak di akhirat dan pada saat kiamat. Sebagaimana yang tertuang dalam hadits berikut “Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya.” (HR. Ahmad).

Walau tidak kita rasakan di dunia, tetapi Allah akan menjamin bahwa sedekah akan menyelamatkan kita kelak di akhirat. Kita hanya bisa berdoa dan berharap agar semua itu bisa kita dapatkan di akhirat nanti.

  1. Sedekah memadamkan kemurkaan Allah

“Dalam riwayat al-Tirmidzi dan lainnya, Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya sedekah benar-benar memadamkan kemurkaan Allah dan menghindarkan dari kematian yang buruk” (Hasan Li-Ghairihi).

Sebagai manusia dan hamba-Nya, murka Allah adalah hal yang paling kita hindari dan jangan sampai ini hadir di tengah kehidupan kita. Untuk itu, bersedekahlah agar kemurkaan Allah tidak meliputi kehidupan kita.

Mari kita tutup tahun 2021 ini dengan Husnul Khotimah.

Yuk, tunaikan sedekah akhir tahun sekarang juga! Program donasi

Bisa berdonasi melalui No Rek di bawah ini:

▪️ BRI: 0139 0101 8969 530

▪️ BSI:139-0189-990

▪️ MANDIRI:167-000-2901-675

▪️ BCA: 066-327-1749

(a/n Yayasan  Indonesia Sejahtera Amanah)

# Menutup pergantian tahun dengan amalan terbaik

Facebook Comments
Share on Whatsapp

1 komentar untuk “Sedekah Sebagai Penutup Amalan Akhir Tahun”

  1. Nice post. I study one thing more difficult on different blogs everyday. It will all the time be stimulating to read content from other writers and follow just a little one thing from their store. I’d want to use some with the content on my blog whether or not you don’t mind. Natually I’ll give you a hyperlink on your internet blog. Thanks for sharing.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Yayasan Insan Distribusikan 1000 Paket Daging Qurban 1442 H
Ibadah Qurban Yayasan Insan 1441 H
Berqurban untuk mensucikan diri dan harta serta tingkatkan ketaqwaan
Insan Berqurban Idul Adha 1439 H
Yayasan Insan Santuni Yatim Piyatu dhuafa bersama duta besar republik Azerbaijan
Yayasan Insan Santuni Yatim Dhuafa Secara Virtual Bersama Ustadz Fatullah
Menjelang Ramadhan, Yayasan Indonesia Sejahtera Amanah (YA INSAN) mengadakan Santunan Akbar dengan tema “Sucikan Hati Tingkatkan Kepedulian Kepada Sesama”
Peringati hari gizi dan makanan Yayasan INSAN berikan Paket sembako uang saku dan Vitamin
Momen Muharram santunan yatim piatu dan dhuafa
Cahaya Ramadhan Peduli Yatim Lomba Robotik
Santuni yatim piatu dhuafa Isra Miraj Nabi Muhammad menggapai pribadi yang bertaqwa
Insan Peduli Yatim Generasi Emas Sebagai Wujud Cinta Tanah Air Indonesia
ada yang bisa kami bantu

Admin OfficeKami bantu jangan ragu chat kami

Assalamualaikum, Kami ada untuk membantu anda, silhkan jika ingin konfirmasi dan Donasi 00.00
Scroll to Top